Profil lulusan PG PAUD:

  1. Calon Pendidik PAUD: Calon pendidik pada lembaga PAUD, baik pada satuan PAUD Formal (Taman Kanak-Kanak, Raudhatul Athfal), Non Formal (Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, Satuan PAUD Sejenis) maupun  informal yang memiliki kompetensi unggul dan sesuai dengan Al Islam dan kemuhammadiyahan.
  2. Edupreuner PAUD: Pengembang alat penunjang pembelajaran bagi anak usia dini (seperti Alat Permainan Edukatif (APE), Media Pembelajaran, Gerak Tari, Musik dan Teknologi Informasi).
  3. Pengelola PAUD: Pengelola PAUD yang memiliki kompetensi yang mendukung dalam menyelenggarakan, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini (Taman Kanak-Kanak, RA, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak/Day Care, dan satuan PAUD sejenis).

 

 

Learning Outcome:

Learning Outcome  Lulusan PG PAUD FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan pedagogik, aspek keterampilan umum, dan aspek keterampilan khusus.

1. Sikap (S)

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

h.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2.Keterampilan Umum (KU)

a.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

b.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

c.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskriptif saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

d.Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

e.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data.

f.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

g.Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

h.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

i.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3.Keterampilan Khusus (KK)

a.Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran AUD yang sederhana melalui pendekatan saintifik

b.Menguasai materi ke-PAUD-an secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional

c.Mampu memecahkan permasalahan kelembagaan/PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai Islami, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif

d.Menguasai teori kewirausahaan berbasis ke-PAUD-an

e.Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD

f.Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan assessmen perkembangan anak usia dini, yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) dan nilai-nilai kemuhammadiyahan

g.Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD (mampu melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder

h.Memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship

i.Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis PAUD

j.Mampu merencanakan, melaksanakan, mempublikasikan, dan memanfaatkan hasil penelitian

k.Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK

l.Menguasai dasar-dasar teori kelembagaan untuk merencanakan, menerapkan, mengelola, memecahkan masalah organisasi, serta tata kelola di PAUD

m.Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional

n.Memiliki jiwa kepemimpinan dan enterpreunership di bidang ke-PAUD-an

 

4. Penguasaan Pengetahuan (PP)

a.Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, melakukan assessment pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan nilai-nilai kemuhammadiyahan

b.Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran melalui teknik pembelajaran yang relevan dengan pendekatan scientific.

c.Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK.

d.Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pengelola baik pada tingkat nasional maupun internasional

e.Mampu merencanakan, dan menerapkan penelitian PAUD

f.Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil penelitian

g.Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK untuk melaksanakan penelitian

h.Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD

i.Mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil penelitian.

j.Mampu memberikan alternative solusi berdasarkan hasil penelitian

k.Mampu melaksanakan dan mempertanggung-jawabkan pekerjaannya sendiri sebagai tenaga pendidik PAUD di lingkungan masyarakat pada umumnya dan lingkungan Muhammadiyah pada khususnya

l.Mampu memupuk jiwa kepemimpinan terhadap diri sendiri dan lingkungan sosialnya

m.Mampu mengembangkan konsep PAUD untuk memupuk jiwa entrepreneurship pada lingkungan sekitar.

n.Mampu menganalisa perkembangan PAUD di masyarakat guna

o.menentukan strategi yang relevan terhadap penyelesaian masalah.

p.Mampu menumbuhkan rasa kepedulian kepada fenomena pentingnya PAUD di masyarakat

q.Mampu memberikan sumbangan pemikiran yang berdasar teoritis dan penelitian terhadap fenomena PAUD di masyarakat